GAMIFIKASI PENGGUNAAN DAYA UNTUK MANAJEMEN RUMAH KOS
ABSTRAK
Pemantauan penggunaan arus listrik sangat dibutuhkan saat ini, mengingat konsumsi listrik pada masyarakat jauh dari kata hemat. Pemakaian berlebih tak jarang dapat menimbulkan arus pendek, yang berujung pada kebakaran. Karena alasan tersebut, penulis mengajukan judul penelitian “Power Usage Gamification for Boarding House Management”. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pemantauan arus listrik kos yang dikombinasikan dengan konsep gamifikasi untuk melatih masyarakat dalam menerapkan hidup hemat listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memiliki 6 tahapan, mulai dari Analisa kebutuhan, perancangan sistem, hingga penyusunan laporan. Setelah dilakukannya proses pembuatan dan pengujian, kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah hardware menghasilkan nilai keluaran dengan tingkat persentase kurang dari 5 persen. Selain itu, sebagian besar fitur dari aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan lancar di beberapa perangkat berbeda.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer