Author : Rahma Fitri Febriyanti   , Rengga Asmara, Jauari Akhmad Nur Hasim
ABSTRAK

Berubahnya perilaku berbelanja pada masyarakat sekarang ini membuat semakin pesatnya pertumbuhan marketplace di Indonesia. Masyarakat cenderung menyukai berbelanja online karena cenderung lebih praktis, modern, dapat dilakukan setiap waktu tanpa harus keluar rumah ketika membutuhkan barang yang diinginkan. Akan tetapi perkembangan marketplace yang menyediakan layanan jasa masih sangat terbatas. Perkembangan marketplace sangat dibutuhkan di zaman seperti sekarang, salah satunya di Kabupaten Ponorogo. Pencarian jasa di Kabupaten Ponorogo kebanyakan dilakukan melalui kontak telepon yang didapat dari tetangga, teman, media sosial, dan poster atau iklan yang ada di pinggir jalan. Masalah yang kemudian muncul melalui pencarian seperti ini, antara lain para konsumen kesulitan dalam mencari jasa karena jasa yang didapat terbatas, dan juga konsumen ingin cara yang praktis. Begitu juga sebaliknya, penjual jasa ingin mendapatkan konsumen tanpa harus menyebar iklan yang dipasang di pinggir jalan.

[DOWNLOAD ABSTRACT]