Author : Mirza Millahsyafiq Khusni   , Nana Ramadijanti, Achmad Basuki
ABSTRAK

Indonesia merupakan negara berkembang dan termasuk negara yang rawan bencana, bahkan pada tahun 2018 BNPB (Badan Nasional Penanggunlangan Bencana) menyatakan bahwa bencana banjir di Indonesia mencapai lebih dari 1100 kasus. Walaupun banjir termasuk bencana alam yang tidak bisa manusia hilangkan dan di daerah Indonesia yang banyak sekali sungai, tidak memungkiri kalau pasti akan terjadi banjir di daerah-daerah rendah. Banyak sekali korban yang berjatuhan karena masih belum mengetahui tentang apa itu tanggap bencana, tanggap bencana tidak bisa dilakukan oleh orang lain dan harus dilakukan oleh diri sendiri agar dapat mengurangi resiko terjadinya bencana. Dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat tentang informasi tanggap bencana maka pada proyek ini dirancang untuk membuat aplikasi pembelajaran tanggap bencana alam menggunakan media kamera Kinect. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi user untuk mengetahui tanggap bencana banjir dengan berbagai fitur yang menarik, sehingga membuat user mudah untuk memahami tentang tanggap bencana. Tata cara atau konsep dari aplikasi ini diambil dari buku saku tanggap bencana tahun 2019 pada bab banjir. Kamera Kinect sangat berperan penting dalam pembuatan proyek ini karena Kinect dapat mendeteksi posisi user dan juga gerakan user dengan akurat. Ketertarikan user untuk mempelajari tentang tanggap bencana banjir juga meningkat, terbukti dari beberapa user yang telah memainkan permainan menjadi lebih paham dan ingin mempelajari lebih dalam tentang tanggap bencana banjir.

[DOWNLOAD ABSTRACT]