Author : Akbar Nadzif   , Nana Ramadijanti, Wiratmoko Yuwono
ABSTRAK

Properti menjadi alat investasi yang baik. Rata-rata kenaikan properti per tahun adalah berkisar 10-20%. Banyak pengembang membeli lahan di kota besar untuk dijadikan perumahan. Beragam pilihan desain bangunan dan fasilitas disajikan untuk menarik pembeli. Di era saat ini, teknologi harus bisa berintegrasi dengan berbagai aspek kehidupan, diantaranya kaitanya dengan pemasaran properti. Banyak media elektronik berbasis online yang digunakan untuk membantu memasarkan properti, sebagai wujud integrasi bidang teknologi dengan bidang perdagangan. Website pemasaran properti yang ada hanya menggunakan gambar untuk menampilkan desain bangunan. Cara pemasaran ini dinilai masih biasa dan kurang menarik untuk pemasaran desain bangunan baru. Dengan adanya masalah terkait kurang efisiennya pemasaran bisnis properti ini, penulis memiliki inovasi untuk membuat website pemasaran properti berbasis teknologi dengan menggunakan fitur 3D. Keberadaan objek 3D ini akan memudahkan pembeli untuk melihat desain eksterior rumah secara onliene. Disisi lain, hal ini juga mempermudah pengembang untuk memasarkan desain rumah secara online. Sistem kerja website pemasaran properti berbasis 3D ini dilakukan dengan masuk terlebih dahulu sebagai penjual sebelum menginputkan data desain bangunan berupa 3D dan info rumah. Untuk dapat melihat dan mengamati objek 3D secara detail, website ini memiliki 3 fitur utama, yakni rotation untuk memutar objek, fitur zoom in dan zoom out, yang digunakan untuk memperbesar dan memeperkecil objek. Adapun untuk penelitian ini, diperoleh hasil yakni informasi meliputi objek rumah, denah, dan lokasi berbasis Google Maps, berjalan sudah bagus. Namun untuk objek 3D ada tampak kekurangan di beberapa bagian 3D nya.

[DOWNLOAD ABSTRACT]