Author : Ronny Fernando   , Iwan Syarif, Tessy Badriyah
ABSTRAK

Pada saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia telah banyak berkembang dan diterima dengan dengan baik di dalam masyarakat. Masyarakat Indonesia sangat terbuka dengan teknologi baru dan juga jumlah pemakai internet di Indonesia semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun. Pada saat ini juga telah berdiri banyak sekali perusahaan e-commerce di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, OLX, Bukalapak, Blibli.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing perusahaan e-commerce tersebut memiliki berbagai macam strategi pemasaran dan bisnis untuk bersaing di pasar dan untuk menarik lebih banyak lagi pembeli di tokonya. Strategi yang biasanya digunakan adalah Customer Relationship Management (CRM). Penerapan dari strategi CRM dapat berupa sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi dalam penelitian ini akan dibuat menggunakan metode content-based filtering dengan algoritma apriori yang dapat menganalisis pola-pola kombinasi item. Dengan adanya fitur sistem rekomendasi di dalam e-commerce diharapkan agar pembeli dapat dengan cepat menemukan barang yang dibutuhkan. Dengan strategi ini e-commerce akan dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pada pelanggan, serta meningkatkan pendapatan pada e-commerce itu sendiri.

[DOWNLOAD ABSTRACT]