SIMULASI GERAKAN PASSING PADA OLAHRAGA BOLA VOLI MENGGUNAKAN KONTROL SENSOR KINECT
ABSTRAK
Pada permainan bola voli, salah satu teknik yang penting adalah teknik gerakan passing. Pada penelitian ini dibuat simulasi gerakan passing pada bola voli dengan 3D environment. Pada simulasi ini menggunakan kontrol sensor Kinect sebagai pengendali karakter pemain pada bola voli sehingga karakter dapat mengarahkan dan mengendalikan arah bola menuju sistem. Sistem yang dibangun berupa gerakan bola dari pusat lapangan menuju pemain secara bergantian. Kontrol gerakan yang digunakan yakni passing bawah dan passing atas. Pengendalian gerakan pemain menggunakan motion dan gesture tracking yang ada pada Kinect. Parameter masukan pada sistem berupa titik koordinat yang didapatkan dari depth stream inframerah pada Kinect. Parameter masukan x, y, z koordinat akan dipetakan sebagai koordinat pada setiap sendi utama tubuh. Penelitian ini menggunakan Euclidean Distance untuk menghitung pergerakan tangan. Kinerja sistem pada penelitian ini diuji dengan dua parameter. Parameter pertama adalah kebenaran posisi user pada passing atas dan passing bawah. Parameter kedua adalah keberhasilan user berdasarkan feedback yang diperoleh. Kebenaran posisi user untuk passing atas menghasilkan nilai 69% dengan parameter keberhasilan feedback passing atas menghasilkan nilai 37,5 %. Kebenaran posisi user untuk passing bawah menghasilkan nilai 49 %. Simulasi yang dibangun ini diharapkan dapat memberikan suatu bentuk pelatihan gerakan passing pada bola voli ke dalam suatu aplikasi secara virtual reality dengan kontrol gerakan tubuh.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer