Author : Noor Muhammad Fajaruddin Zainul Ulum   , Haryadi Amran Darwito, Ahmad Zainudin
ABSTRAK

Tabrakan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu menjadi penyebab naiknya angka kecelakaan lalu lintas yang berujung kematian. Berdasarkan data dari Direktorat Perkeretaapian Dinas Perhubungan RI bahwa pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2012, tingginya angka kecelakaan kereta api disebabkan karena faktor operator dan pengguna jalan yang kurang tertib dan masih banyak perlintasan kereta api yang belom ada palang pintu. Oleh itu pada proyek akhir ini dibuat suatu sistem otomatis pada operasi palang pintu kereta api yang dikontrol menggunakan mikrokontroller berdasarkan data GPS secara nirkabel menggunakan RF module. Pengujian ini menggunakan dua buah mikrokontroller yaitu ATMega 162 yang merupakan system control. Data GPS dibaca dan dikirim menggunakan RF Module kemudian diparsing untuk mendapatkan data – data yang dibutuhkan. Selanjutnya data tersebut diolah untuk menentukan jarak yang ditampilkan pada LCD 16x2. Dan sebagai masukan untuk kendali palang pintu kereta api. Pada proyek akhir ini telah dibuat suatu integrasi sistem dengan memanfaatkan GPS yang terintegrasi dengan mikrokontroler AVR ATMega162. Pada saat pengujian GPS pengukuran antara kereta api dan palang pintu kereta api yang di simulasikan dengan motor. Untuk pengujian secara real dengan kereta api dapat bekerja dengan baik sesuai dengan range yang ditentukan. Program yang dibuat juga berjalan dengan baik.

[DOWNLOAD ABSTRACT]