Author : Rochmatul Khikmiyah   , Rika Rokhana, Paulus Susetyo Wardhana
ABSTRAK

Media pembelajaran sangatlah berpengaruh pada proses pendidikan anak. Proses pembelajaran yang kurang interaktif dan kreatif dalam penyampaian materi dapat membuat anak-anak mudah merasa bosan dan malas. Dan juga pada media yang tidak menarik karena tidak adanya contoh-contoh visual serta audio mengakibatkan anak-anak kurang optimal untuk menangkap dan memahami apa yang diajarkan. Sehingga diperlukan suatu variasi baru untuk meningkatkan motivasi dalam belajar menulis huruf Abjad tingkat dasar. Metode media ini mengacu pada teori gaya belajar yakni visual, auditori, dan kinestetik. Oleh karena itu jika alat pembelajaran menulis huruf Abjad ini terwujud maka dapat dijadikan sebagai media solusi bagi anak dalam mengenal dan memahami huruf Abjad sebagai dasar pemahaman bahasa kebangsaan kita bahasa Indonesia. Sistem ini menggunakan penunjuk sebagai alat tulis yang berupa sensor cahaya dan mendeteksi cahaya dari LED matrik. Sistem ini memiliki 2 fungsi utama, yaitu mengenalkan bentuk dan perbandingan ukuran huruf yang benar dan memeriksa hasil tulisan user beserta indikatornya. Ketika papan dari kumpulan LED matrik tersebut disentuh oleh sensor cahaya, maka data masukan dari sensor tersebut akan dibandingkan dengan database dalam program yang kemudian hasilnya ditampilkan melalui LCD dan tampilan warna led yang berbeda sebagai hasil koreksi dari tulisan user tersebut. Dan setelah beberapa pengujian yang telah dilakukan maka tingkat keberhasilan dari sistem koreksi ini telah mencapai 74%.

[DOWNLOAD ABSTRACT]