Author : Intan Hidayatul Ul'ya   , Arna Fariza, Fitri Setyorini
ABSTRAK

Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi menjadi faktor penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, termasuk dalam pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu proses yang memerlukan pengelolaan yang baik adalah perizinan dan cuti karyawan. Namun, banyak organisasi yang masih menggunakan sistem manual sehingga proses pengajuan dan persetujuan perizinan serta cuti memerlukan waktu lama, rentan terhadap kesalahan, dan sulit dilacak. Selain itu, pencatatan absensi harian karyawan juga masih dilakukan secara manual sehingga menimbulkan ketidakefisienan dalam operasional perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dirancanglah Sistem Informasi Perizinan dan Cuti (SI-PeCi) yang memungkinkan karyawan mengajukan perizinan dan cuti secara online, memudahkan atasan dalam memberikan persetujuan, membantu HRD mengelola data secara terpusat dan akurat, serta memfasilitasi pencatatan absensi karyawan secara digital. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses administrasi perizinan, cuti, dan absensi karyawan dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan mendukung produktivitas perusahaan.

[DOWNLOAD ABSTRACT]