Author : Muhammad Naufal Raihan Ramadhan   , Mohamad Nasyir Tamara, Zaqiatud Darojah
ABSTRAK

Pada proyek akhir ini telah berhasil dirancang sistem kendali kestabilan pada Automated Guided Vehicle atau AGV beroda mecanum. Sistem kendali yang diterapkan menggunakan controller Proportional Integral Derrivative atau PID untuk mengatur kecepatan dan posisi AGV saat melakukan manuver dalam mencapai target posisinya. Penurunan model kinematik dilakukan untuk mengetahui hubungan gerak dalam sistem global robot yang menghasilkan persamaan kinematik forward dan inverse. Proses tuning konstanta PID dilakukan secara manual dengan trial error. Parameter yang diperoleh untuk kontrol kecepatan pada periode 500 ms Interrupt Service Routine atau ISR, yaitu Kp 0.035, Ki 0, dan Kd 0.0025. Sistem diuji menggunakan beban AGV mecanum sendiri baik melalui simulasi maupun pengujian langsung di lapangan. Hasil pengujian di lapangan menunjukkan bahwa sistem kendali AGV mecanum memiliki tingkat error sebesar kurang lebih 1 persen dalam mencapai posisinya. Dengan pendekatan ini, sistem kendali AGV mecanum mampu menjaga kestabilan gerak dan akurasi manuver pada berbagai arah pergerakan.

[DOWNLOAD ABSTRACT]