KENDALI KESTABILAN AGV MECANUM
ABSTRAK
Pada proyek akhir ini telah berhasil dirancang sistem kendali kestabilan pada Automated Guided Vehicle atau AGV beroda mecanum. Sistem kendali yang diterapkan menggunakan controller Proportional Integral Derrivative atau PID untuk mengatur kecepatan dan posisi AGV saat melakukan manuver dalam mencapai target posisinya. Penurunan model kinematik dilakukan untuk mengetahui hubungan gerak dalam sistem global robot yang menghasilkan persamaan kinematik forward dan inverse. Proses tuning konstanta PID dilakukan secara manual dengan trial error. Parameter yang diperoleh untuk kontrol kecepatan pada periode 500 ms Interrupt Service Routine atau ISR, yaitu Kp 0.035, Ki 0, dan Kd 0.0025. Sistem diuji menggunakan beban AGV mecanum sendiri baik melalui simulasi maupun pengujian langsung di lapangan. Hasil pengujian di lapangan menunjukkan bahwa sistem kendali AGV mecanum memiliki tingkat error sebesar kurang lebih 1 persen dalam mencapai posisinya. Dengan pendekatan ini, sistem kendali AGV mecanum mampu menjaga kestabilan gerak dan akurasi manuver pada berbagai arah pergerakan.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer