Author : Mohammad Thoriq Bani Qintoro   , Sritrusta Sukaridhoto, Lusiana Agustien, Fadilah Fahrul Hardiansyah
ABSTRAK

Pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam penguasaan grammar dan speaking, merupakan tantangan bagi banyak mahasiswa, terutama ketika harus belajar secara mandiri tanpa bimbingan. Keterbatasan waktu pembimbing dan kurangnya media pembelajaran interaktif sering kali menyebabkan mahasiswa kesulitan mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan tata bahasa mereka secara efektif. Selain itu, minimnya latihan yang terstruktur dan kurangnya akses terhadap simulasi tes TOEFL yang memberikan evaluasi rinci turut memperburuk proses pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem berbasis website yang dilengkapi dengan fitur pembelajaran grammar dan speaking berbasis AI. Sistem ini dirancang untuk mendukung mahasiswa belajar grammar secara mandiri melalui analisis teks yang akurat, saran perbaikan, dan evaluasi berupa skor kesempurnaan. Selain itu, fitur latihan interaktif memungkinkan mahasiswa menjawab soal yang digenerate oleh AI dan menerima umpan balik langsung atas jawaban yang diberikan. Sistem juga menyediakan simulasi tes TOEFL yang memberikan hasil evaluasi rinci pada setiap keterampilan, seperti Listening, Structure, dan Reading. Dengan arsitektur yang mencakup antarmuka pengguna (frontend), server (backend), dan basis data, sistem ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Diharapkan, sistem ini dapat membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran grammar, meningkatkan konsistensi latihan, dan mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk menghadapi tes TOEFL.

[DOWNLOAD ABSTRACT]