PROJECT BOTANICALl: PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI USER EXPERIENCE PADA GAME STORY-DRIVEN MENGGUNAKAN METODE A FUNCTIONAL LOOK AT NARRATIVE PUZZLES IN GAME STORYTELLING
ABSTRAK
Project Botanical adalah permainan naratif yang menceritakan tentang Filo, seorang ahli botanis yang mampu merasakan perasaan dari tanaman. Dalam dunia yang berlatar post-apocalypse, pemain diajak mengeksplorasi hubungan emosional dan empati terhadap tanaman melalui puzzle yang interaktif. Sebagai game 2D side scroller, Project Botanical berharap bisa memberikan pengalaman yang dapat memperdalam hubungan manusia dengan alam dari sudut pandang seorang ahli botanis yang penuh rasa ingin tahu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian A Functional Look At Narrative Puzzles In Game Storytelling, bagaimana penyampaian User Experience dapat didokumentasi untuk mengembangkan pengalaman pemain dalam permainan berbasis cerita, dengan penekanan metodelogi pengembangan pada puzzle mempertimbangkan story engine dan game pillar, sehingga pemain dapat lebih memahami karakter utama dan cerita. Puzzle dirancang tidak hanya sebagai alat penemuan, tetapi juga sebagai elemen penting dalam penyampaian cerita, melibatkan peran aktif kepada pemain dalam memahami narasi cerita yang berupaya meningkatkan keterlibatan pemain dengan pemberian pengalaman emosional yang lebih mendalam. Dari semua yang sudah dirancang, usability testing masuk sebagai metode untuk mengetahui feedback mengenai apa saja yang bisa dikembangkan dari penyampaian pengalaman pemain. Berdasarkan pengujian usability terhadap 96 responden, diperoleh rata-rata persentase sebesar 76,31 persen yang menunjukkan respons positif terhadap elemen gameplay puzzle. Aspek efisiensi mencapai skor tertinggi 85,15 persen, diikuti oleh learnability, satisfaction, dan memorability yang semuanya mencapai sekitar 80 persen. Meskipun aspek error berada di 77,60 persen, data ini secara keseluruhan membuktikan bahwa desain yang diimplementasikan menghasilkanpengalaman bermain yang intuitif, lancar, dan memuaskan. Dalam penelitian ini, diharapkan dari penyampaian pengalaman bermain yang nantinya bisa terwujud dan menghasilkan sebuah artefak pengalaman pemain.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer