PROJECT BOTANICAL: PENGEMBANGAN STORY ENGINE UNTUK MEMBANGUN NARRATIVE EXPERIENCE MENGGUNAKAN FRAMEWORK BEATS & UNITS
ABSTRAK
Story Engine merupakan dokumen desain yang membantu proses pembuatan cerita dalam gim. Story Engine memuat elemen desain seperti storytelling mechanics gameplay, plot structure dan konsep dasar gim yang dikembangkan. Story Engine dirancang sebagai pedoman pedoman pembuatan cerita dengan elemen desain yang dimiliki. Story Engine memperhatikan proses penyampaian cerita yang membangun pengalaman naratif pemain. Untuk itu, dokumen ini dirancang sebagai pedoman untuk membangun pengalaman naratif pemain menggunakan kerangka kerja Beats and Units, yang menjabarkan pengembangan cerita menjadi tujuh lapisan dalam empat bagian utama Conceptual, Design, Units, dan Surface. Penelitian ini menguji proses pembuatan Story Engine melalui framework Beats and Units yang diterapkan pada pengembangan gim story driven Project Botanical. Hasil pengujian pengembangan dan implementasi Story Engine membuktikan bahwa pendekatan ini efektif dalam membangun narrative experience. Kunci keberhasilan utamanya terletak pada penyelarasan antara player goal tujuan mekanik dengan narrative goal tujuan cerita, di mana efektivitas desainnya divalidasi oleh expert review 78,33 persen, menilai Fungsional dan Efektif dan implementasinya diterima pemain secara positif dalam external playtesting 82,15 persen, menilai Setuju. Dengan demikian, Story Engine dapat digunakan sebagai panduan praktis dan teruji untuk merancang pengalaman naratif yang koheren dalam pengembangan gim.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer