Author : Ayu Eureka Elsa Natalia Tarihoran   , Akhmad Alimudin, Rachmat Santoso
ABSTRAK

Pandemi COVID-19 telah mendorong peningkatan signifikan dalam penggunaan platform ujian online, termasuk aplikasi PENS English Proficiency Test (PEPT). Namun, hasil observasi menunjukkan desain UI/UX fitur admin masih kurang efisien, sulit dipahami, dan tidak sesuai kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan desain UI/UX fitur admin menggunakan metode design thinking, yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil akhir pengujian menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Rata-rata efisiensi waktu pengerjaan skenario meningkat sebesar 58,58%, dengan durasi yang lebih singkat di semua skenario. Selain itu, persentase skor visual meningkat dari 49,33% (kategori Netral) menjadi 83,27% (kategori Sangat Setuju). Peningkatan juga terlihat dari hasil User Experience Questionnaire (UEQ), dimana seluruh kategori mengalami kenaikan, salah satunya kategori Attractiveness naik dari 0,6 menjadi 1,7. Hasil ini membuktikan bahwa rancangan UI/UX baru lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna, lebih mudah dipahami, serta meningkatkan kenyamanan dan efisiensi penggunaan aplikasi.

[DOWNLOAD ABSTRACT]