Author : Asmaralda Laksmi Firdausi   , Artiarini Kusuma Nurindiyani, Fony Revindasari
ABSTRAK

Komunikasi yang efektif mengenai kebutuhan dalam tim pengembangan permainan video sangat penting untuk kolaborasi antar peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana seorang penulis cerita menyampaikan elemen-elemen cerita yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan peran lain dalam tim, khususnya 3D Artist, 2D Concept Artist, dan Programmer. Dengan menggunakan naskah "Aventala" sebagai studi kasus, penelitian ini menganalisis penyampaian komponen cerita, termasuk plot, karakter, latar, sinematik, dan dialog, untuk mendukung kolaborasi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan setiap peran dikomunikasikan dengan sangat baik, dengan skor pemahaman keseluruhan rata-rata 89,8 persen, yang dikategorikan sebagai Sangat Baik. Namun, aspek-aspek tertentu memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun komunikasi penulis cerita sangat efektif, penyesuaian kecil masih diperlukan untuk mengoptimalkan kolaborasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa format penulisan naskah yang telah diterapkan secara efektif memfasilitasi identifikasi dan pemenuhan kebutuhan antarperan dalam pengembangan Aventala.

[DOWNLOAD ABSTRACT]