AVENTALA: PRODUKSI CERITA GAME
ABSTRAK
Komunikasi yang efektif mengenai kebutuhan dalam tim pengembangan permainan video sangat penting untuk kolaborasi antar peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana seorang penulis cerita menyampaikan elemen-elemen cerita yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan peran lain dalam tim, khususnya 3D Artist, 2D Concept Artist, dan Programmer. Dengan menggunakan naskah "Aventala" sebagai studi kasus, penelitian ini menganalisis penyampaian komponen cerita, termasuk plot, karakter, latar, sinematik, dan dialog, untuk mendukung kolaborasi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan setiap peran dikomunikasikan dengan sangat baik, dengan skor pemahaman keseluruhan rata-rata 89,8 persen, yang dikategorikan sebagai Sangat Baik. Namun, aspek-aspek tertentu memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun komunikasi penulis cerita sangat efektif, penyesuaian kecil masih diperlukan untuk mengoptimalkan kolaborasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa format penulisan naskah yang telah diterapkan secara efektif memfasilitasi identifikasi dan pemenuhan kebutuhan antarperan dalam pengembangan Aventala.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer