PENGEMBANGAN GAME VISUAL NOVEL CERITA RAKYAT CALON ARANG DENGAN IMPLEMENTASI STORY DRIVEN DAN BRANCHING PATH STORY
ABSTRAK
Cerita rakyat memiliki peran penting dalam mempertahankan identitas budaya suatu daerah karena mencerminkan kearifan lokal. Namun kini kehadiran cerita rakyat di kalangan generasi muda cenderung menurun dikarenakan beberapa faktor seperti penyajian kurang tertarik pada cerita rakyat dan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi yang menarik minat generasi muda untuk mengenal cerita rakyat, yakni memanfaatkan media game. Pada tugas akhir ini mengembangkan sebuah game bergenre visual novel dengan mengadaptasi cerita rakyat Calon Arang dengan judul Calon Arang: The Vengeful Matriarch. Pengembangan game ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahap, yakni concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dalam tahapan testing, hasil respon expert didapatkan persentase sebanyak 68,57 persen yang berarti hasil respon dapat dikategorikan Baik. Sedangkan hasil respon user mendapatkan persentase sebanyak 79,9 persen yang dapat dikategorikan Baik. Secara keseluruhan, Calon Arang: The Vengeful Matriarch telah menunjukkan potensi besar sebagai media edukasi interaktif yang memperkenalkan cerita rakyat kepada generasi muda. Dengan adanya pengembangan berkelanjutan, game ini dapat semakin efektif dalam mencapai tujuan edukatif dan hiburan yang diinginkan.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer