Author : Arbi Julianto   , Bima Sena Bayu Dewantara, Bayu Sandi Marta
ABSTRAK

Interaksi Manusia-Robot (Human-Robot Interaction atau HRI) adalah bidang studi yang berfokus pada cara manusia dan robot berinteraksi satu sama lain. Dalam sektor transportasi, ackerman steering dapat digunakan dalam berbagai jenis robot sosial, seperti robot pemindah barang, robot pengiriman, dan robot pengangkut di industri atau logistik. Proyek akhir ini menyajikan studi dan implementasi strategi kontrol gerak untuk robot bergerak berbasis Ackerman, dengan fokus pada navigasi otonom di lingkungan yang dinamis. Dengan menggunakan Social Force Model (SFM), penulis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan robot dalam navigasi melalui lintasan tertentu dan menghindari tabrakan dengan meniru pola gerakan alami manusia. Mekanisme kemudi Ackerman, yang biasanya digunakan pada kendaraan, menawarkan pendekatan realistis untuk bermanuver di ruang terbatas, dan ketika digabungkan dengan SFM, mekanisme ini memberikan kerangka kerja yang kuat untuk kontrol gerakan yang halus dan adaptif. Hasil proyek akhir menunjukkan bahwa integrasi Social Force Model ke dalam sistem kontrol berbasis Ackerman, yaitu 76,47 % dari total 85 kali percobaan.

[DOWNLOAD ABSTRACT]