Author : Muhammad Rafiif Febriliansyah   , Entin Martiana Kusumaningtyas, Selvia Ferdiana Kusuma
ABSTRAK

Pembuatan naskah cerita terasa lebih mudah mengembangkan dengan adanya kerangka cerita. Akan tetapi terkadang terdapat beberapa hambatan bahkan sebelum naskah cerita tersebut dibuat. Salah satunya belum menemukan ide cerita tersebut. Selain itu juga belum adanya aplikasi website yang terfokuskan pada pembuatan kerangka cerita dalam bahasa indonesia. Oleh karena itu, penulis mengembangkan aplikasi yang dapat mengenerate kerangka cerita otomatis, sehingga dapat memudahkan baik penulis cerita maupun game developer untuk mencari ide serta membantu mengembangkan kerangka cerita ke bentuk yang lebih detail. Aplikasi ini menggunakan transformer supaya data yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan menggunakan model lain seperti LSTM atau RNN. Pengujian eksperimen ini dilakukan dengan mengecek hasil skor dari nilai ROUGE dan BLEU dengan hasil pada BLEU-4 dengan 79.6, ROUGE-1 dengan nilai 23.3, ROUGE-2 dengan nilai 2.9 dan nilai ROUGE-L sebesar 18.3.

[DOWNLOAD ABSTRACT]