PEMBUATAN TERRAIN OTOMATIS MENGGUNAKAN WARNA DENGAN ACUAN KETINGGIAN PADA UNITY
ABSTRAK
Pembuatan gim semakin membutuhkan kecepatan dalam perkembangan peradaban. Salah satu kesulitan yang dihadapi para programmer adalah pembuatan terrain secara manual, yang memakan banyak waktu dan sulit dalam mendapatkan asset. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mempermudah pemilihan warna pada peta menggunakan transform.position di UNITY, mempermudah penerapan warna pada peta dengan transform.position di UNITY, serta memberikan efisiensi dalam mendapatkan warna untuk peta yang dibuat dengan transform.position di UNITY. Pengujian fungsional mencakup uji pemasukan gambar, uji logika SOM, uji identifikasi warna dominan, dan uji pembuatan terrain. Hasilnya memenuhi standar dengan baik, dimana gambar yang dimasukkan ke dalam plugin dapat dipecah dan identifikasi warna berjalan lancar, menghasilkan banyak warna dari gambar luar. Logika SOM berfungsi dengan baik dalam mengelompokkan warna untuk pembuatan terrain dan menyederhanakan warna. Pengujian efisiensi menunjukkan bahwa 66 persen pengguna menyatakan plugin ini mudah digunakan, yang membantu mempercepat pembuatan gim. Dengan hasil ini, plugin dianggap sangat membantu dalam pembentukan terrain setelah semua program berjalan.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer