Author : Mochamad Ray Farandy Lasahido   , Kholid Fathoni, Zulhaydar Fairozal Akbar
ABSTRAK

Pembuatan gim semakin membutuhkan kecepatan dalam perkembangan peradaban. Salah satu kesulitan yang dihadapi para programmer adalah pembuatan terrain secara manual, yang memakan banyak waktu dan sulit dalam mendapatkan asset. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mempermudah pemilihan warna pada peta menggunakan transform.position di UNITY, mempermudah penerapan warna pada peta dengan transform.position di UNITY, serta memberikan efisiensi dalam mendapatkan warna untuk peta yang dibuat dengan transform.position di UNITY. Pengujian fungsional mencakup uji pemasukan gambar, uji logika SOM, uji identifikasi warna dominan, dan uji pembuatan terrain. Hasilnya memenuhi standar dengan baik, dimana gambar yang dimasukkan ke dalam plugin dapat dipecah dan identifikasi warna berjalan lancar, menghasilkan banyak warna dari gambar luar. Logika SOM berfungsi dengan baik dalam mengelompokkan warna untuk pembuatan terrain dan menyederhanakan warna. Pengujian efisiensi menunjukkan bahwa 66 persen pengguna menyatakan plugin ini mudah digunakan, yang membantu mempercepat pembuatan gim. Dengan hasil ini, plugin dianggap sangat membantu dalam pembentukan terrain setelah semua program berjalan.

[DOWNLOAD ABSTRACT]