Author : Thania Wahyu Anandita   , Widi Sarinastiti, Dwi Susanto
ABSTRAK

Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah preferensi penggunaan internet di berbagai kalangan usia. Akses yang mudah dan terjangkau terhadap media informasi dan teknologi membuat banyak orang, termasuk kaula muda, orang tua, dan kalangan ekonomi menengah ke bawah, tertarik untuk berinteraksi dengan internet. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan internet telah menjadi hal yang umum, dan tidak mengherankan jika anak-anak merupakan salah satu kelompok usia yang berkontribusi signifikan dalam penggunaan teknologi ini. Internet telah memberikan kemudahan dalam mengakses dunia maya, sehingga berbagai kalangan menjadi pengguna aktif media sosial. Salah satu platform yang sangat diminati adalah YouTube, bahkan oleh anak-anak. Fenomena ini telah menciptakan profesi baru yang menarik bagi anak-anak, yaitu menjadi content creator di YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video cerita mengenai profesi sebagai YouTuber yang diuji coba oleh anak-anak menggunakan metode pengamatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 99,3%. Selain itu, video berhasil dinilai baik dari hasil review oleh YouTuber dan storyteller.

[DOWNLOAD ABSTRACT]