PEMBUATAN SISTIM BELANJA DAN TRANSAKSI MANDIRI MENGGUNAKAN METODE FUZZY RULE BASE DI SUPERMARKET BERBASIS APLIKASI
ABSTRAK
Pusat perbelanjaan merupakan salah satu tempat untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari. Dalam memilih produk biasanya konsumen mempertimbangkan beberapa aspek, antara lain kualitas dan harga produk. Seringkali dalam berbelanja konsumen mengambil barang sebanyak-banyaknya tetapi tidak menghitung berapakah pengeluaran yang akan dibayarkan. Tetapi sebagian orang juga enggan berbelanja apabila antrian kasir pada sebuah toko tersebut ramai, sehingga beberapa orang memilih untuk berbelanja di toko yang lain agar terhindar dari keramaian Dari permasalahan ini, penulis mengangkatnya menjadi penelitian proyek akhir untuk membuat aplikasi yang dapat melakukan transaksi mandiri di supermarket berbasis android. Dalam sistem aplikasi tersebut konsumen supermarket dapat menambahkan produk dengan memindai sebuah QR Code. Setelah melakukan pemindaian informasi produk yang tertera pada QR Code akan masuk pada keranjang virtual. Sementara, konsumen dapat melakukan pembayaran melalui topup pada aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan agar konsumen yang berbelanja di supermarket memiliki waktu yang lebih singkat serta supermarket juga dapat mengurangi antrian yang sering terjadi di kasir. Selain itu, aplikasi ini menyediakan sebuah fitur khusus yang bertujuan agar menghemat waktu konsumen saat memilih barang dengan memberikan rekomendasi barang berdasarkan saldo yang akan dibelanjakan dan barang yang dibutuhkan menggunakan metode fuzzy TOPSIS. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa hal yang dapat mempengaruhi perangkingan dengan metode fuzzy TOPSIS yaitu penambahan referensi barang dan input bobot kepentingan kriteria. Pada pengujian fungsional aplikasi didapatkan bahwa sistem yang dibuat memerlukan perbaikan kosmetik dan usabilitas minor, serta aplikasi ini termasuk kedalam kategori jangkauan penerimaan berupa acceptable dengan grade scale B dan rating kata sifat berupa excellent.
[DOWNLOAD ABSTRACT]Kategori
D3 Teknik ElektronikaD3 Teknik Telekomunikasi
D3 Teknik Elektro Industri
D3 Teknik Informatika
D3 Teknologi Multimedia Broadcasting
D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektro Industri
D4 Teknik Informatika
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Teknologi Game
S2 Teknik Elektro
S2 Teknik Informatika dan Komputer