Author : Fariz Hendra Setiawan   , Widi Sarinastiti, Fardani Annisa D.
ABSTRAK

Pada masa pandemi covid 19 membuat semua pelajar melakukan pembelajaran di rumah masing-masing. Agar pembelajaran tetap berjalan, pembelajaran dilakukan secara online. Pada pembelajaran Biologi terdapat kesulitan dalam memahami materi yang tidak dapat divisualisasikan secara langsung khususnya pada materi Sistem Pernapasan karena proses tersebut terjadi pada dalam manusia. Untuk membuat materi tersebut menjadi menarik dan memotivasikan siswa, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman siswa. Media pembelajaran berbasis website yang terhubung dengan internet, media ini merupakan salah satu media populer yang dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa tetap memperhatikan. Dengan adanya animasi pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat memudahkan Ibu/Bapak guru dalam proses penyampaian visualisasi materi yang diberikan kepada siswa dan dapat memudahkan siswa dalam proses belajar, sehingga akan tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Dengan menggunakan metode participatory design untuk memperoleh data dan buku paket pelajaran Biologi SMA. Tingkat keberhasilan yang diperoleh animasi interaktif berbasis website dengan menggunakan teori Nielson Norman adalah 91,7% yang mana pengujian ini dilakukan kepada user yang sama ketika proses pengumpulan data. Pengujian juga dilakukan dengan ahli review. Animasi pembelajaran interaktif berbasis website ini dinilai sangat baik dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran Biologi kepada murid, terutama pada masa pandemi yang masih berlangsung.

[DOWNLOAD ABSTRACT]